Pengertian GRAFIS VEKTOR dan BITMAP



1. Pengertian Grafis Vektor dan Bitmap

Pengertian Grafis Vektor

Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.

Pengertian Grafis Bitmap

Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.

2. Kelebihan dan kekurangan grafis vektor dan bitmap

Kelebihan Grafis Vektor

- Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien

- Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya

- Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda

- Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan

Kekurangan Grafis Vektor

- Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap

Kelebihan Grafis Bitmap

- Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.

- Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan

Kelemahan Grafis Bitmap

- Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.

- Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah

3. Mengetahui aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap

Program aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap itu banyak sekali macamnya, seperti Page Maker, Corel Photo Paint, CorelDraw, Adobe Photoshop dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi yang akan dibahas disini program aplikasi CorelDraw dan Adobe Photoshop.

CorelDraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desaingrafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek.

Sedangkan Adobe Photoshop merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan unuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik, serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di-scan ke dalam komputer.

Sekian postingan ini mungkin ada yang ingin belajar dan mendalaminya pada saat kuliah coba baca mengenai Kuliah Design Engineer Vs Art Design dimana jika saudara pembaca memilih kuliah Design Art akan banyak menggunakan program-program yang berbasis Bitmap, sedangkan Design Engineer lebih menggunakan metode gambar dengan Vector.

Daftar Istilah Pending dalam Design Grafis :

  • Fill : Isi dari suatu objek kurva atau bidang-bidang tertentu, biasanya berupa warna.
  • Natural : Warna atau kesan alamiah.
  • Node : Titik-titik penghubung antar garis pada suatu objek.
  • Pixel : Picture element, bagian terkecil dari gambar bitmap, berupa titik titik penyusun gambar.
  • Stroke : Objek garis dari suatu gambar.
Share on Google Plus

About Aria Fajri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar